Jumat, 30 November 2012

Backup Konfigurasi Mikrotik via Email

Bagi pengguna Router Mikrotik, backup konfigurasi Mikrotik bisa dilakukakan secara otomatis menggunakan script dan schedule, serta file backup di kirimkan ke kita lewat email. tutorial acuan dari http://wiki.mikrotik.com Tulisan ini merupakan pengalaman dari kami untuk memudahkan dalam backup konfigurasi mikrotik. pertama seting identity dari Router Mikrotik sebagai nama router / pengenal, pada winbox : klik System > Identity , masukkan nama router, misalkan “Mutiarahati”

yang kedua seting jam/waktu pada mikrotik klik System > Clock Pilih “Time Zone Name” sesuai dengan daerah anda, klik Apply klik System > NTP Client enable mode : unicast Primary NTP Server : 203.160.128.2 Secondary NTP Server : 202.169.224.16 klik Apply , mikrotik anda akan akses NTP server dan menset clock mikrotik secara otomatis.
selanjutnya buat script backup nya, klik System > Scripts trus add script dengan menekan tombol “+”
isi name script “backup-konfigurasi” isi source berikut ini : /system backup save name=([/system identity get name]) :delay 8s /tool e-mail send server=202.202.202.202 to=""\ from="" subject=("backup konfigurasi \ Router" . " " . [/system identity get name] . " " . [/system clock get \ date] . " " . [/system clock get time] ) body=("Backup otomatis dari \ Router" . " " . [/system identity get name] . " " . "Tanggal" . " " . [\ /system clock get date] . " " . "Jam" . " " . [/system clock get \ time] ) file=([/system identity get name] . ".backup") tanda “\” merah artinya script lanjut bukan di enter ganti ip address server dengan mail server milik anda ganti email address dengan email milik anda sendiri. script telah kita buat, sekarang coba jalankan script tersebut dengan klik tombol “Run Script”. script tersebut akan membuat file backup dan akan mengirimkan file tersebut ke email anda…….coba cek email anda. selanjutnya buat schedule agar script backup ini di jalankan berkala klik System > Scheduler trus add schedule dengan menekan tombol “+”
schedule diatas artinya backup dilakukan setiap hari jam 10 malam. Sumber: http://blog.mutiarahati.org/2009/07/backup-konfigurasi-mikrotik-via-email/

0 komentar:

Posting Komentar